Kamis, 11 Februari 2016

[REVIEW] Please Look After Mom

Judul: Please Look After Mom
Penulis: Kyung Sook Shin
Genre: Fiksi, Family
Halaman: 293 halaman
Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama


Sinopsis
Sepasang suami-istri berangkat ke kota untuk mengunjungi anak-anak mereka yang telah dewasa. Sang suami bergegas naik ke gerbong kereta bawah dan mengita00ra istrinya mengikuti di belakangnya. Setelah melewati beberapa stasiun, barulah dia menyadari bahwa istrinya tak ada. Istrinya tertinggal di Stasiun Seoul.
Perempuan yang hilang itu tak kunjung ditemukan, dan keluarga yang kehilangan ibu/istri/ipar itu mesti mengatasi trauma akibat kejadian tersebut. Satu per satu mereka teringat hal-hal di masa lampau yang kini membuat mereka tersadar betapa pentingnya peran sang ibu bagi mereka; dan betapa sedikitnya mereka mengenal sosok sang ibu selama ini perasaan-perasaannya, harapan-harapannya, dan mimpi-mimpinya.

Review
Novel ini aku temui di perpustakaan di kotaku. Aku minat bacanya karena tampilan covernya yang menyejukkan mata dan sederhana tapi manis ^^
Mengenai ceritanya, udah pasti ga jauh-jauh dari yang namanya ibu. Dikemas dengan jalan cerita yang gampang dimengerti dan benar-benar menonjolkan betapa baiknya ibu, novel ini berhasil bikin aku jadi inget betapa berharga dan baiknya mama aku. Kyung Sook Shin juga secara tersirat mengajarkan kita bahwa terkadang kita lupa bahwa ibu telah berusaha keras menjaga, merawat dan membesarkan kita namun kita lupa bahkan abai bahwa banyak sekali pengorbanan seorang ibu pada kita dan keluarga kita. Sayangnya, cerita ini akhirnya ga bahagia karena sang ibu yang hilang selama beberapa bulan belum juga ditemukan. 
Novel ini kebanyakan menggunakan sudut pandang orang pertama. Dan kebanyakan mereka menceritakan bagaimana aktivitas sang ibu, pengorbanannya dan cinta kasihnya pada keluarga. Dan kalo tentang alur, awalnya aku ngerasa penulis menceritakannya ga runtut alias ceritanya kemana-mana, kadang bahas ini dan habis itu bahas hal lain, tapi setelah baca habis, lama-lama jadi paham sama ceritanya koq. Kalo masalah latar tempat, penulis menggunakan latar Seoul dan daerah-daerah di Korea Selatan seperti Yokchundong dll dan juga menggunakan Vatikan di akhir cerita sebagai latarnya.
Overall, ceritanya bermakna banget. Ngajarin kita arti pentingnya ibu kita. Cus, yang mau nambah koleksi buku novel tentang keluarga, bisa nih beli novel ini ^^

^Vinia^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar