Rabu, 06 April 2016

[REVIEW] Abandon

Judul: Abandon
Penulis: Meg Cabot
Genre: Fantasi
Jumlah halaman: 315 halaman
Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama


Sinopsis
Pasca kecelakaan, yang membuatnya nyaris mati, Pierce Oliviera berusaha membuka lembaran baru. Namun, bahkan setelah Pierce pindah ke kota kecil dan masuk ke sekolah baru, John Hayden selalu saja muncul. Kemunculan cowok itu tak pernah bisa diduga, tapi selalu terjadi tepat ketika Pierce amat membutuhkannya.

Dua hal yang diketahui Pierce dengan pasti: John tak mudah ditolak, dan dia bukan makhluk biasa.

Dan jika membiarkan diri jatuh cinta pada John, Pierce mungkin bakal melewatkan keabadian di suatu tempat yang tak ingin dia datangi lagi. Dunia tempat roh-roh singgah sebelum melanjutkan perjalanan mereka. Dunia John: Underworld.

Review
Awal baca sih biasa-biasa aja, tapi pas baca kisah si Pierce Oliviera saat di "dunia" itu aku jadi makin penasaran, apalagi pas baca lembaran-lembaran terakhir, banyak sekali kejutan yang tak disangka-sangka. Saat membaca terkadang aku mengalami kesulitan memahami, tapi makin ke akhir aku jadi paham kalo si penulis  memang punya gaya seperti itu dalam mengungkapkan ceritanya.
Novel ini menceritakan tentang Pierce Oliviera yang mengalami kehidupan kembali setelah merasakan kematian. Ia sangat tidak ingin datang kembali ke "dunia" itu, karena sungguh tak menyenangkan. Selain itu, ada pula John Hayden, lelaki dingin yang selalu tidak disangka-sangka kemunculannya oleh Pierce. Saat pengenalan tentang John, aku merasa si John ini orang yang good-looking sekaligus misterius, karena si Pierce selalu keliatan speechless kalo deket dengan si John ini.

"Dia tidak dapat dikatakan tampan, namun dia tipe cowok yang jika kau melihatnya di mal atau tempat lain, kau takkan berpaling" (halaman 65).

Segitunya banget tanggapan Pierce terhadap si John. Tapi di sisi lain, Pierce merasa banyak sekali yang ditutupi oleh John dan terkadang ia menjadi takut sendiri dengan keberadaan John yang tiba-tiba. Kenapa tiba-tiba? Karena John Hayden itu selalu bolak-balik, bolak-balik dunia dan Underworld dan sebaliknya. Underworld inilah yang dibilang Pierce tidak menyenangkan. 

"...sebanyak Underworld, di alam semesta ini--jiwa-jiwa yang, untuk alasan tertentu, ditakdirkan menjalani keabadian dengan menyaring jiwa-jiwa yang berpulang dan menempatkan mereka di jalan menuju tujuan akhir mereka" (halaman 241).

Underworld itu semacam tempat jiwa-jiwa yang meninggal menetap sementara untuk nantinya melanjutkan perjalanan mereka ke keabadian. Sekarang paham kan, kenapa Pierce ga mau mengunjungi tempat itu lagi? ^^

Selain kisah Pierce dan John, ada pula disinggung Kaum Fury. Kaum yang dikatakan tidak puas dengan penempatan mereka dan memiliki dendam kepada sang penguasa Underworld (John). Dan Kaum Fury ini akan mengejar siapapun orang-orang yang dicintai penguasa Underworld (dalam cerita ini, Pierce). Untuk melindungi orang yang dicintainya, John memberikan sebuah berlian yang fungsinya melindungi Pierce dari kejaran Kaum Fury. 

Cerita tentang berlian itupun amat panjang, sampai mengikutkan cerita mitologi. Dan ternyata Kaum Fury juga diambil dari cerita mitologi tersebut. Penulis mengungkapkan bahwa cerita novel ini diambil dari mitologi Hades (dewa kematian Yunani) dan Persephone.

Banyak sekali kejutan dalam novel ini, terutama memasuki bagian akhir. Aku jadi penasaran dengan cerita di novel kedua dan ketiganya. Sepertinya harus membaca lanjutannya ^^
Bagi yang suka genre fantasi, Abandon bisa jadi pilihan bacaan ^^

^Vinia^
                                                                                   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar